Ayo Makan Sayur Bareng Si Kecil

Summary

Do you have children around 1-3 years old who doesn’t like to eat or is a picky eater, especially when it comes to eating vegetables?   Did you ever wonder if this behaviour is normal for young children or does it have something to do with how we introduce our children to vegetables?   This article takes a closer look at this subject and also provides tips on how to make our children eat their ‘greens”.

Ringkasan

Anak Anda berusia 1-3 tahun yang susah makan serta suka pilih –pilih makanan, terutama sayuran hijau? Apakah ini sesuatu yang normal atau ada yang salah dengan pemberian makanan dari Anda? Simak pembahasannya di artikel berikut tentang tips bagaimana membuat anak Anda bisa makan sayur.

Ayo Makan Sayur Bareng Si Kecil

AyoMakanSayur-Page1

Ketika anak beusia 1 sampai 2 tahun merupakan fase “Perang dunia” antara ibu dan si kecil saat jam makan, ibu menyodorkan makanannya dan si kecil menutup mulutnya rapat-rapat. Hal ini pasti akan sangat melelahkan buat orang tua, terutama Ibu. Sebenarnya apa yang terjadi? Kenapa mereka tidak suka makan terutama sayuran?

Apa Yang Terjadi?

Pada saat 4 bulan pertama kehidupan, anak menggunakan 27% dari yang di makan untuk pertumbuhan. Kemudian pada usia 6-12 bulan hanya sekitar 5% dari makanan digunakan untuk pertumbuhan, sedangkan pada tahun ke-2 hanya sebanyak 3% dari makanan yang digunakan untuk pertumbuhan si kecil. Selama 1 tahun pertama, anak akan bertumbuh sekitar ± 21 cm dan berat bertambah sekitar 6-7 kg, dengan kata lain pertumbuhan terjadi sebanyak 3 kali lipat saat di usia 1 tahun pertama.

Pertumbuhan anak yang cepat pada awal-awal kehidupan menjadi alasan kenapa anak banyak minum ASI dan lahap saat diberikan makanan pendamping. Setelah anak memasuki usia 1 tahun, secara alami pertumbuhan akan mulai melambat, aktivitas motorik meningkat, dan secara otomatis nafsu makan akan cenderung menurun. Pertumbuhan sedikit lebih lambat karena perkembangan otak dan sistem saraf somatik mulai melambat.

Saat pertumbuhan melambat, energi untuk bertumbuhpun berkurang dan mempengaruhi nafsu makan anak. oleh karena itu saat anak berusia 1-3 tahun, nafsu makannya berkurang. Banyak orang tua yang berpikir “Saat anakku bertambah usianya maka harusnya dia makan lebih banyak.” Sehingga orang tua akan memberikan makan 2 kali lebih banyak saat usianya bertambah, padahal sudah sangat alami di usia ini memang anak akan cenderung sulit makan. Jadi, sampai kapan si kecil akan susah makan? Tidak lama, situasi ini hanya terjadi sementara. Faktanya, saat usia sudah memasuki 5 sampai 7 tahun anak akan secara otomatis makan lebih banyak, karena di usia ini lah ukuran tubuh akan bertambah.

Apa Saja Yang Harus Ada di Piringnya si Kecil?

Ketika anak-anak memasuki usia 1 tahun, orang tua rata-rata bingung dan cemas karena anak menjadi sulit makan dan suka pilih-pilih makanan (picky eater). Jangan cemas, hal ini normal terjadi pada anak usia 1-3 tahun, tentunya sang orang tua tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi si buah hati.

Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan anak secara tepat dibutuhkan panduan yang tepat mengenai makanan si kecil. United State Department of Agriculture (USDA) pada tahun 2010 merekomendasikan MyPlate sebagai panduan untuk kebutuhan nutrisi anak dan dewasa. Untuk anak usia 1-3 tahun, Myplate memberikan rekomendasi untuk satu piring harus terdiri dari: (untuk lebih lengkap dapat dilihat di http://www.choosemyplate.gov)

  1. Buah: 1 gelas atau ± 250 ml (Apel, pisang, melon, jeruk, anggur, pir, nanas, semangka, stroberi).
  2. Sayuran: Brokoli, bayam, wortel, tomat, kentang, jagung.
  3. Biji-bijian/gandum: Nasi, sereal/oatmeal.
  4. Protein: Daging sapi, ayam tanpa kulit, telur.
  5. Susu: susu, yogurt.

AyoMakanSayur-Page4

Gambar 1. MyPlate Guideline

Anak secara alami lebih menyukai makanan dan minuman yang manis. Jadi mereka lebih menyukai minuman seperti soda, jus kemasan, teh kemasan atau es krim dan makanan cemilan lainnya. Semakin banyak makan makanan manis seperti ini membuat anak tidak menyukai sayuran atau buah saat jam makan.

Penyebab si kecil TIDAK SUKA SAYUR?

Setelah mengetahui pola perkembangan nafsu makan anak dan apa saja yang harus dimakan si kecil, jadi sebenarnya apa saja sih penyebab si kecil sulit makan sayur?

  1. Sayur rasanya pahit. Pada masa pertumbuhan, anak lebih menyukai makanan yang manis dan asin.
  2. Anak tidak menyukai aroma sayur.
  3. Sayur susah dikunyah. Anak usia 1-2 tahun belum dapat mengunyah secara sempurna, Jika tekstur sayur keras, akan membuat anak susah mengunyah.
  4. Anak sudah makan atau minum-minuman manis sebelumnya. Tentu saja karena rasa manis lebih menyenangkan.
  5. Orang tua tidak makan sayur. “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” jika anda ingin anak anda makan sayur, mulailah dahulu dari diri sendiri.
  6. Orang tua memaksa anak untuk makan. Ketika anda menjejalkan makanan ke mulut anak secara paksa, akan membuat mereka “bad mood” dan tidak suka makanan itu.
  7. Rayuan yang tidak sesuai dengan tujuannya, “Kalo adek habisin sayurnya, nanti mama beliin es krim.” Anda sukses membuat si kecil lebih menyukai es krim dibanding sayuran.

Tips Agar Anak Makan Sayur

AyoMakanSayur-Page5

1. Makan bersama keluarga di meja makan. Jangan membiasakan anak makan di depan televisi. Dengan makan bersama hal muncul kekeluargaan dan didalam satu meja orangtua memiliki kesempatan untuk memberikan contoh dan mengajarkan anak pola makan yang benar.

2. Ajak anak anda siapkan makanan. Untuk anak yang sudah cukup besar, Anda dapat meminta dia untuk membantu mencuci sayuran dan membantu menyiapkan makanan bersama. Hal ini akan membuat anak Anda tertarik dengan sayuran dan makanan yang disiapkan bersama.

3. Sajikan sayuran sebagai makanan pembuka saat anak lapar. Awalnya anak akan menolak, tetapi jangan memaksa dan terus tawarkan. Kebiasaan ini akan membuat anak terbiasa makan sayur. Ada baiknya menawarkan sayuran yang anak sudah kenal dan saat makan selanjutnya barulah mencoba sayuran jenis baru.

AyoMakanSayur-Page6

4. Jadi contoh buat anak anda. Sajikan sayuran di piring anda. Ini secara tidak langsung mempengaruhi anak untuk mencoba sayur di piringnya juga.

5. Sabar dan jangan memaksa. Untuk mengenalkan 1 jenis sayur terkadang sudah dicoba sebanyak 8-15 kali menyodorkan sayuran untuk si kecil tetapi selalu di tolak. Jangan menyerah dan coba tawarkan kembali 2-3 hari kemudian. Ketika anak bilang sudah kenyang, jangan paksa menghabiskan makanan di piringnya. Saat dia lapar mulailah menawarkan sayur kembali.

6. Hidangkan dalam bentuk menarik. Setumpuk bayam tidak akan menarik untuk anak. Coba hias sayur menjadi lucu seperti potongan wortel dibuat jadi mata dan buat anak anda tertawa, itu akan membuat anak penasaran dan mencoba sayurannya.

7. “Sekali gigit.” Anak tidak tertarik dengan sayur karena aroma dan bentuknya yang tidak menarik. Coba terapkan aturan satu gigitan untuk setiap makanan yang disajikan termasuk sayuran. Ini sebagai cara juga untuk memperkenalkan rasa beberapa sayur tidak seburuk yang mereka lihat.

8. Berikan pujian. Pujilah anak ketika dia mau makan sayur. Jangan obral janji seperti akan membelikan mainan atau jajan di warung, karena akan memberikan hubungan tidak sehat dengan makanan.

Proses pemilihan makanan, kebiasaan keluarga, dan pola makan mempengaruhi apa yang anak makan saat dia dapat memilih makanannya sendiri. Oleh karena itu orang tua dituntut dapat mengerti apa yang menjadi kebutuhan nutrisi anak sehingga ketika dewasa, anak dapat menentukan makanannya dengan bijak.

Oleh: dr. Yi Yin Meria Daini

Referensi:

1. Kliegman, Robert M (2015). Nelson Textbook of pediatrics. 20th Ed. Philadelphia: Elsevier, Inc.
2. Gonzalez, Carlos (2012). My child won’t eat how to enjoy mealtimes without worry. 2nd Ed. Great Britain: Pinter and Martin LTD.
3. http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044948?pg=1
4. http://www.parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=kids&id=228
5. http://id.theasianparent.com/10-cara-mudah-atasi-anak-susah-makan-sayuran/
6. http://www.motherandbaby.co.id/article/2013/11/19/1187/5-Alasan-Anak-Tidak-Suka-Sayur
7. http://www.huffingtonpost.com/maryann-jacobsen/5-ways-children-learn-to-hate-vegetables_b_6265412.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *