Apakah anak saya bodoh?

Summary

Does your child struggle in school?  Is your child clever but still very poor with numbers?  Perhaps your child has learning disabilities.   Help is available.  Learn how to identify the signs and help you child if they have certain learning disabilities.

Ringkasan

Apakah anak anda mengalami kesulitan di sekolahnya? Walaupun anak anda termasuk anak yang pintar namun dia sangat buruk ketika berurusan dengan angka-angka? Mungkin saja anak anda sebetulnya memiliki gangguan belajar. Carilah bantuan segera dan ketahuilah beberapa cara yang dapat membantu seseorang dengan gangguan belajar

Keywords: learning, disorder, disability, children

Apakah anak saya bodoh?Apakah anak saya bodoh?

Saat penerimaan rapport pertama…

Sebagai orang tua, tentu semua orang ingin agar anaknya menjadi yang terbaik. Anda akan merasa bangga apabila anak anda ternyata menjadi juara kelas. Namun ketika melihat nilai rapport anak anda untuk pertama kali, anda terkejut karena ada satu mata pelajaran yang memiliki nilai merah. Anda memarahi anak anda dan memaksanya untuk belajar lebih keras dalam pelajaran tersebut. Namun sekeras apapun anak anda mencoba, nilainya tidak pernah sebaik anak-anak lainnya.
Mungkin saja anak anda ternyata menderita gangguan belajar. Anak-anak dengan gangguan belajar bukanlah anak yang bodoh atau malas. Mereka hanya memiliki cara yang berbeda dalam menerima dan memproses suatu informasi. Mereka melihat, mendengar dan memahami suatu hal berbeda dengan anak pada umumnya. Anak-anak ini seringkali disalahartikan padahal mereka bisa sukses dan berhasil asalkan mendapat bantuan yang tepat.

Benarkah anak saya tidak normal?

Setiap anak tidak dilahirkan sama, anak-anak dengan gangguan belajar sering dikatakan bodoh atau bahkan lebih parahnya lagi idiot. Hal ini membuat mereka menjadi kurang percaya diri atau bahkan sering dijahili oleh teman-teman sebayanya (disebut juga bullying). Untuk mengetahui contoh lebih lanjut mengenai bullying anda dapat membaca artikel CYBERBULLYING – APA SAJA YANG ORANGTUA DAPAT LAKUKAN?

Apakah anak saya bodoh?

Anak-anak dengan gangguan belajar tidak nampak berbeda dari luar ditambah lagi setiap anak memiliki gejala yang berbeda. Satu anak dapat mengalami kesulitan dalam membaca dan mengeja, sementara anak yang lain tidak dapat mengerti matematika. Ada juga anak yang mengalami kesulitan dalam memahami percakapan orang lain.
Tidaklah mudah untuk mengetahui adanya gangguan belajar. Bahkan terkadang seorang anak memiliki beberapa jenis gangguan belajar sekaligus. Berikut beberapa tanda yang dapat dipakai untuk mendeteksi adanya gangguan belajar sesuai dengan kelompok usianya

Pada usia 3 – 5 tahun

  • Kesulitan mengucap kata
  • Kesulitan menemukan kata yang tepat
  • Kesulitan mempelajari alfabet, angka, warna, bentuk ataupun hari
  • Kesulitan mengikuti arah atau rutinitas pembelajaran
  • Kesulitan mengendalikan alat tulis, gunting atau seringkali mewarnai diluar garis
  • Kesulitan dengan kancing, risleting, dan tali sepatu

Pada usia 5 – 9 tahun

  • Kesulitan mempelajari hubungan antara huruf dan suara
  • Bingung dengan kata-kata dasar ketika membaca
  • Selalu tidak dapat mengeja huruf dengan tepat
  • Kesulitan mempelajari konsep matematika dasar
  • Kesulitan mengetahui jam berapa dan mengingat urutan
  • Lamban dalam mempelajari kemampuan baru

Pada usia 10 – 13 tahun

  • Kesulitan dengan pemahaman atau matematika
  • Kesulitan dengan pertanyaan yang bersifat terbuka
  • Tidak menyukai membaca dan menulis serta menghindari membaca dengan keras
  • Selalu mengeja suatu kata berbeda
  • Kemampuan organisasi yang sangat buruk (biasanya memiliki tempat tidur, buku dan meja yang sangat berantakan)
  • Kesulitan mengikuti diskusi dalam kelas dan mengutarakan pikirannya
  • Memiliki tulisan tangan yang buruk

Dapat anda perhatikan bahwa gangguan belajar yang paling banyak dialami adalah gangguan belajar dalam hal membaca (dyslexia), matematika (dyscalculia), dan menulis (dysgraphia). Akan tetapi gangguan belajar ternyata memiliki cakupan yang lebih luas yakni dyspraxia (gangguan dalam kemampuan motorik seperti memotong, menulis, berlari atau melompat), dysphasia (gangguan dalam memahami atau mengucapkan suatu bahasa) dan gangguan memproses bahasa ataupun suara dan lainnya.

Bahkan seringkali anak-anak dengan gangguan belajar dikaitkan dengan gangguan lainnya yang dapat mempersulit proses pembelajaran mereka seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), OCD (Obsessive-Compulsive Disorder) dan bahkan autisme.

Penting sekali untuk diingat bahwa gangguan belajar ini tidak dapat diubah atau diperbaiki sehingga menjadikannya sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua dan juga sang anak. Akan tetapi dengan dukungan dan intervensi yang sesuai mereka tetap dapat mencapai keberhasilan dalam hidupnya.

Kapan sebaiknya anak saya diperiksakan?

Permasalahan dengan gangguan belajar masih mencakup hal yang lebih luas. Bila anda ragu apakah anak anda memiliki gangguan belajar tidak ada salahnya bila anda memeriksakan anak anda lebih lanjut agar dapat diketahui sedari dini.

Bahkan seringkali dibutuhkan lebih dari 1 ahli untuk mendiagnosa secara tepat dan menatalaksana seorang anak dengan gangguan belajar. Jadi janganlah ragu untuk melakukan konsultasi dengan lebih dari satu dokter ahli tentunya atas seijin dokter yang bersangkutan.

Apa yang dapat anda lakukan sebagai orang tua?

Tentu yang mengetahui anak anda dengan baik adalah anda sendiri sebagai orang tuanya. Selain harus ada koordinasi lebih lanjut dengan tempat anak anda belajar tentu ada yang dapat anda lakukan

  • Ketahuilah jenis gangguan belajar pada anak anda

Caritahulah lebih dalam mengenai gangguan belajar yang dialami oleh anak anda. Caritahu juga mengenai gangguan-gangguan lain yang mungkin diderita oleh anak anda. Akan lebih mudah untuk mengetahui jenis pembelajaran yang tepat bila anda mengetahui bagaimana kesulitan yang anak anda alami. Lakukanlah berbagai kegiatan positif yang dapat mengalihkan pikirannya dari kelemahannya tersebut.

  • Lakukan terapi dan belajar di rumah

Terkadang pihak sekolah seringkali angkat tangan dalam memberikan bantuan yang khusus pada anak dengan gangguan belajar. Hal ini tidak boleh menyurutkan niat anda untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak anda. Konsultasikanlah dengan dokter ahli agar mendapat berbagai pilihan terapis atau tutor yang dapat membantu anak anda dirumah. Berbagai jenis terapi telah dikembangkan untuk jenis ganApakah anak saya bodoh?gguan belajar tertentu, jadi janganlah ragu untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter ahli anak anda.

  • Kembangkanlah bakat anak anda

Anak dengan gangguan belajar memang mungkin sulit mempelajari satu bidang namun mereka sering memiliki keunggulan di bidang lain. Perhatikanlah minat dan bakat anak anda agar anda dapat mengembangkan anak anda semaksimal mungkin.

  • Berikan dukungan mental pada anak anda

Anak-anak dengan gangguan belajar seringkali memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Bagaimana tidak? Mereka melihat anak-anak lain dapat melakukan hal yang dia tidak bisa dengan mudahnya. Orang tua lah yang memiliki peran yang sangat besar untuk tetap mendukung anaknya agar tetap tenang dan percaya diri.

  • Kegagalan bukanlah hal yang buruk

Apakah anak saya bodoh?Orang tua harus memahami bahwa sebuah kegagalan bukanlah hal yang buruk. Sangat penting untuk menyampaikan pada anaknya bahwa kegagalan tidak perlu ditakuti. Terimalah kegagalan itu sebagai sebuah proses. Pelajarilah kegagalan tersebut agar kesuksesan dapat dicapai.

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bukan berarti dengan sedikit kesulitan dalam mempelajari suatu kemampuan membuat anak anda menjadi seseorang yang tidak akan berhasil dalam hidupnya. Tetaplah berikan dukungan kepada anak anda dan berikanlah bantuan yang sesuai dan dapat membangun anak anda sehingga menjadi anak yang bahagia kelak.

Dibuat oleh: dr. Hartanto

 

Daftar Pustaka

  1. http://www.helpguide.org/articles/learning-disabilities/learning-disabilities-and-disorders.htm
  2. http://ldaamerica.org/types-of-learning-disabilities/
  3. https://www.understood.org/en/learning-attention-issues/child-learning-disabilities/dyslexia/understanding-dyslexia
  4. https://www.understood.org/en/school-learning/partnering-with-childs-school/instructional-strategies/11-methods-for-teaching-reading#slide-11
  5. http://www.childmind.org/en/posts/articles/2013-4-9-most-common-misdiagnoses-children
  6. http://www.childmind.org/en/posts/ask-an-expert/2014-7-29-my-son-dyslexia-frustrated-outside-school
  7. http://www.childmind.org/en/posts/articles/2015-10-12-social-media-teens-and-perfectionism

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *