Dampak Negatif Layar Monitor

Kebanyakan orang saat ini menghabiskan banyak waktu hampir di depan komputer, smartphone, tablet, bermain video game, dan menonton televisi. Penelitian dari The Vision Council 2016 menunjukkan 90% orang Amerika menggunakan benda digital. Kemudian sekitar 60% orang Amerika menggunakan benda digital minimal selama 5 jam atau lebih. Sebanyak 70% orang rata-rata menggunakan minimal 2 atau lebih benda digital, mereka tidak mengerti dampak negatif layar monitor, sehingga menyebabkan tingginya penderita digital eye strain.

Apakah itu digital eye strain? Digital eye strain adalah rasa tidak nyaman pada mata yang muncul setelah 2 jam atau lebih melihat layar digital (komputer, gadget, televisi). Ketika anda mengalami digital eye strain anda akan mengalami keluhan seperti mata kering, pandangan kabur, mata rasa tidak nyaman, nyeri kepala, rasa berat/tegang pada leher, pandangan silau, dan sulit berkonsentrasi.

Selain aktivitas melihat layar digital terlalu lama, posisi duduk didepan layar komputer yang salah, pencahayaan yang kurang , jarak ke gadget dan komputer yang terlalu dekat, serta penglihatan mata yang belum terkoreksi dengan benar (dengan kacamata atau contact lens) juga dapat menjadi penyebab timbulnya digital eye strain.

Mengapa layar digital dapat membuat mata mengalami digital eye strain?

Tampilan dari layar komputer, smartphone, tablet, dan benda digital lainnya memancarkan sejumlah cahya yang disebut dengan blue light. Blue light juga dihasilkan dari lampu yang berjenis Light Emitting Diode (LED) dan Compact Fluorescent Lamps (CFL). CFL memancarkan 25% blue light dan LED memancarkan 35% blue light. Semakin putih lampu LED maka akan semakin tinggi blue light yang dipancarkan.

dampak negatif layar monitor
Sumber : http://www.bluelightexposed.com/#blue-light-and-digital-eyestrain

 

Blue light dihasilkan paling banyak dari sinar matahari dan termasuk golongan cahaya yang dapat terlihat (visible light). Blue light mempunyai panjang gelombang yang pendek dan menghasilkan energi yang besar. Pancaran blue light yang dihasilkan dari benda digital sesungguhnya hanya berjumlah sedikit dibandingkan dengan pancaran dari matahari, dan bluelight sebenarnya mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh jika didapat dari sinar matahari. Beberapa fungsinya adalah sebagai ritme sirkadian/yang membantu diri kita untuk menyadari sudah pagi dan harus bangun. (Baca : Bagaimana mendapatkan kualitas tidur yang baik).

Dampak negatif layar monitor
Sumber : http://www.bluelightexposed.com/#blue-light-and-digital-eyestrain

Sayangnya ternyata bluelight sifatnya dapat sangat merusak mata karena waktu yang digunakan untuk melihat layar digital lebih lama ditambah jarak mata ke layar yang sangat dekat serta aktivitas yang bersifat terus menerus ini yang membuat bluelight menjadi bahaya dan dapat menimbulkan efek jangka panjang pada kerusakan mata.

dampak negatif layar monitor
Sumber : https://www.pinterest.com/assocoptical/age-related-macular-degeneration-amd/

Selain bluelight, kita mengenal yang namanya sinar Ultraviolet (UV) yang biasanya dipancarkan dari sinar matahari. Mata kita secara normal dapat memblok pancaran sinar Ultraviolet (UV) untuk sampai ke bagian retina (bagian mata yang menerima cahaya), tetapi jika paparan sinar UV didapat terus menerus dan sering hal ini dapat menimbulkan resiko katarak. Berbeda dengan sinar UV, blue light tidak dapat diblok dan langsung mengenai retina mata. Dari penelitian dari Harvard Medical Study menunjukkan paparan blue light yang sering dapat meningkatkan resiko kerusakan sel di retina yang dapat memicu kehilangan penglihatan secara permanen, yang disebut dengan Age-related Macular Degeneration (AMD) dan katarak.

Untuk menghindari resiko yang timbul dari banyaknya paparan blue light, berikut beberapa tips untuk mengurangi paparan blue light:

  1. Prinsip 20-20-20

20-20-20 adalah tindakan dimana ketika berada di depan layar digital untuk jangka waktu laman lakukan setiap 20 menit melihat objek yang jauh sekitar 20 kaki (± 6 meter) selama 20 detik. Hal ini berfungsi untuk melatih otot mata sehingga lebih rileks.

dampak negatif layar monitor
Sumber : https://www.pinterest.com/assocoptical/age-related-macular-degeneration-amd/
  1. Kurangi pantulan cahaya dari layar

Kurangi pantulan cahaya dari layar Anda (bisa disebabkan karena cahaya lampu diruangan yang terlalu banyak), disarankan untuk memasang anti-glare screen pada monitor atau smartphone, sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak terlalu banyak

  1. Berkedip lebih sering

Saat kita sedang bekerja di depan komputer, menonton televisi atau membaca dari smartphone maka mata akan fokus sehingga cenderung akan jarang berkedip. Seringlah berkedip, sehingga mata lebih lembab dan terhindar dari mata kering dan iritasi.

  1. Tidak menggunakan smartphone, TV, atau komputer saat ruangan gelap

Jangan mematikan lampu saat menggunakan benda-benda digital tersebut, karena saat kondisi ruangan gelap maka cahaya dari layar dan paparan blue light akan semakin banyak.

  1. 5. Pengaturan pencahayaan dari layar dan juga ruangan

Atur brightness dari layar digital lebih rendah sehingga dapat mengurangi paparan dari blue light dan juga disertai pengaturan cahaya ruanga yang baik.

Penulis : dr. Yi Yin Meria Daini

Referensi:

1.Blue light exposed. Diunduh dari : http://www.bluelightexposed.com/#blue-light-and-digital-eyestrain

2. Computer Eye Strain: 10 Steps for Relief. Gary Heiting, Larry K.2016 January. Diunduh dari: http://www.allaboutvision.com/cvs/irritated.htm

3. The Lowdown on Blue Light:
Good vs. Bad, and Its Connection to AMD. Ronald melton. 2015 January. Diunduh dari: http://www.reviewofoptometry.com/continuing_education/tabviewtest/lessonid/109744/

4.Computer vision syndrome. Availble at : http://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/protecting-your-vision/computer-vision-syndrome?sso=y

5. Digital eye strain report 2016. Diunduh dari: http://www.thevisioncouncil.org/digital-eye-strain-report-2016

6. Blue light has dark side. 2015 September. Diunduh dari: http://www.health.harvard.edu/staying-healthy/blue-light-has-a-dark-side

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *